PENDAHULUAN
Latar Belakang
Jawa Barat merupakan salah satu daerah pariwisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan luar negeri maupun wisatawan dalam negeri. Disamping itu banyak juga yang mengunjugi Jawa Barat dengan berbagai alasan, misalnya untuk kepentingan bisnis, pendidikan dan lain-lain. Daya tarik inilah yang menjadi keunggulan yang berkembang dari mulut ke mulut. Melihat perkembangan positif industri pariwisata Kota Bandung, seperti tak mampu menampung wisatawan lokal yang datang tiap akhir pekan terutama pada saat libur panjang. Hotel memegang peranan penting dalam dunia pariwisata seperti halnya dalam penyediaan jasa penginapan, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang dikelola secara komersil untuk umum. Dengan melihat dan menilai fungsinya tersebut, membuat suatu hotel khususnya, mulai menciptakan suasana yang dapat memenuhi segala keinginan dengan memberikan suatu kepuasan dan kenyamanan kepada para tamu yang dilengkapi dalam berbagai fasilitas yang ada di hotel tersebut. (Sumber : Human Resource Departement Marbella Suites Bandung)
Oleh karena itu, penulis memilih Marbella Suites Bandung karena dikategorikan sebagai Resedential Hotel yang berada di daerah pingiran kota besar yang jauh dari keramaian tetapi mudah untuk mengunjungi
tempat-tempat kegiatan usaha dan tempat rekreasi keluarga. Marbella Suites Bandung berlokasi di puncak Bukit Dago Pakar yang sengaja dibangun menghadap ke Kota Bandung yang dimaksudkan agar setiap tamu yang datang ke Marbella Suites Bandung dapat menikmati alam dari atas bukit yang masih alami. Marbella Suites Bandung merupakan hotel yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, karena Marbella Suites Bandung menyediakan fasilitas hiburan yang menarik perhatian bagi para tamu. Disamping itu para tamu juga dapat menikmati sajian menu makanan dari restaurant yang akan membawa suasana menarik dengan konsep semi terbuka, untuk bisa menikmati pemandangan hawa sejuk pengunungan.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Secara umum tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diselenggarakan oleh Akademi Tata Boga Bandung yaitu untuk mengetahui :
Keadaan umum lokasi Marbella Suites Bandung.
Perencanaan dan evaluasi menu di Marbella Suites Bandung.
Pengadaan dan penyimpanan bahan makanan di Marbella Suites Bandung.
Pengolahan makanan di Marbella Suites Bandung.
Pemesanan dan distribusi makanan di Marbella Suites Bandung.
Faslitas fisik dan peralatan di Marbella Suites Bandung.
Sanitasi dan hygiene di Marbella Suites Bandung.
Organisasi dan manajemen Marbella Suites Bandung.
Jadwal Praktek Kerja Lapangan
Kegiatan PKL dilaksanakan di Marbella Suites Hotel Bandung selama 1 semester (6 bulan) terhitung dari 15 Maret 2014 s.d 15 September 2014. Jadwal kegiatan PKL disesuai kan dengan jam kerja karyawan, yaitu :
Morning shift (pukul 07.00-15.00)
Middle shift (pukul 12.00-20.00)
Evening shift (pukul 15.00-23.00)
Night shift (pukul 23.00-07.00)
BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
KEADAAN UMUM LOKASI
Sejarah Marbella Suites Bandung
Hotel Marbella Suites Bandung memiliki 14 lantai, didirikan diatas tanah seluas 10.000m2, dan dibuka pertama kali (Soft Opening) untuk tamu pada tanggal 09 september 2009 dengan nama Marbella Suites Bandung, yang berlokasi di Jalan Sentra Dago Pakar Raya Bandung Utara 40198, sebagai hotel berbintang 4. Dengan pemandangan yang memperlihatkan keindahan kota Bandung pada malam dan siang hari maka Marbella Suites Bandung didirikan sebagai Business Hotel dan Holiday. Lama pembangunan Marbella Suites Bandung sekitar 18 bulan. Dilengkapi dengan pusat kebugaran, restaurant, ruang pertemuan, dan kolam renang. Saat ini, unit yang sudah tersedia berada pada satu menara, yaitu Barcelona.
Dengan ciri tersendiri memiliki restaurant yang berbentuk kapal pesiar menghadap ke arah pemandangan kota Bandung. Nama perusahaan dari Marbella Suites Bandung ini sendiri adalah PT. Graha Komitra. Nama pengurus Marbella Suites Bandung adalah Adwien Danu Suhendro. Hotel Marbella pertama didirikan di Anyer kemudian bekerjasama dengan Sol Melia, menjadi SOL ELITE MARBELLA yang berada di New York.
Marbella Suites Bandung adalah Hotel ketiga setelah Marbella Anyer (Resort Hotel), Marbella Kemang (Apartment) yang di dirikan oleh Marbella Group. Bapak Kosmian Pudjiadi dan Ratih Pudjiadi adalah pemilik Marbella Suites Bandung itu sendiri. Marbella Suites Bandung memiliki logo yang dapat diartikan sebagai berikut, air yang diartikan sebagai sumber kehidupan baik bagi karyawan, owner, management, dan tamu yang datang ke Marbella Suites Bandung, dan matahari yang terbit (Sunrise) menandakan bahwa semangat pagi, hotel Marbella Suites Bandung akan selalu berusaha sebaik mungkin melayani tamu tersebut hingga datang kembali ke Marbella Suites Bandung.
Adapun visi, misi, tujuan, daan sasaran Marbella Suites Bandung adalah :
Visi Marbella Suites Bandung
Memberikan pengalaman berlibur yang benar-benar menyenangkan untuk para pengunjung, menawarkan layanan yang ramah dan tulus sehingga membuat pengunjung untuk terus kembali menginap di Marbella Suites Bandung.
Misi Marbella Suites Bandung
Menawarkan keramahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan layanan dari hati melebihi dari harapan pengunjung.
Memberikan komitmen terus menerus terhadap perkembangan rekan kerja dan para pengunjung, dan membangun diri sebagai service hotel terkemuka di Bandung.
Tujuan Marbella Suites Bandung
Tujuan dari Marbella Suites Bandung adalah sebagai Hotel yang memberikan pelayanan yang ramah dan dapat memberikan kepuasan kepada setiap para pengunjung yang datang.
Sasaran Marbella Suites Bandung
Marbella Suites Bandung dalam kegiatannya banyak melakukan kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama yang dilakukan Marbella Suites Bandung ini bertujuan untuk meningkatkan citra Marbella Suites Bandung dan membangun hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar. Marbella Suites Bandung melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yaitu dengan lembaga pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, Travel Agent dan individu yang meliputi pelanggan Marbella Suites Bandung dan juga warga sekitar Marbella Suites Bandung.
Fasilitas Hotel
Fasilitas yang dimiliki oleh Marbella Suites Bandung hampir sama dengan hotel-hotel lain pada umumnya. Fasilitas di Marbella Suites Bandung dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
Kamar
Marbella Suites Bandung memiliki berbagai jenis kamar yang berbeda, jumlah unit keseluruhan sebanyak 102 kamar dengan 4 tipe yang berbeda yaitu :
Deluxe Suites
Berjumlah 47 unit, dimana dalam satu unit terdapat satu ruang tidur dilengkapi dengan saluran telephone, AC, safety box, mini bar, televisi, bathroom, balcony, living room, dinning room, mini kitchen.
Executive Room
Berjumlah 41 unit dan dalam satu unit ruangan ini dilengkapi dengan Queen Size Bed dan Double Bad dilengkapi dengan saluran telephone, sistem keamanan berupa kunci kartu, AC, safety box, mini bar, double plasma television, living room, dinning room, mini kitchen.
Master Suites
Berjumlah 5 unit, dimana dalam satu unit terdapat kamar tidur dilengkapi fasilitas satu queen size bed dan dua twin bed dilengkapi dan saluran telepon, sistem keamanan berupa katru, AC, safety box, mini bar, double television, saluran satelit multi bahasa, balcony, dinning room, mini kitchen.
Grand Executive Suite
Berjumlah 9 unit, dimana dalam satu unit terdapat 3 kamar tidur dengan fasilitas Queen Size Bed dan Twin Bed yang dilengkapi dengan saluran telepon, safety box, mini bar, triple plasma television, balcony, dinning room, living room, mini kitchen, satelit multi bahasa. Akses langsung ke kolam renang dengan dilengkapi kursi ayunan disetiap unitnya.
Fasilitas Banquet dan Meeting room
Grand Dago Ballroom
Grand Dago Ballroom yang dimiliki Marbella Suites Bandung ini dibagi menjadi dua ruangan yaitu Dago 1 dan Dago 2. Grand Dago memiliki ukuran ruangan sebesar 31,60 m2 x 13,90 m2. Dengan kapasitas untuk theater style sebanyak 400 kursi, class room sebanyak 120 kursi, U-shape sebanyak 90 kursi, restaurant style sebanyak 200 kursi.
Executive Room A, B, dan C
Ketiga ruangan ini adalah ruangan meeting yang terkecil yang dimiliki oleh Marbella Suites Bandung. Ukuran ruangan ini adalah 7,12 m2 x 7,06 m2. Kapasitas untuk ruangan ini theater style 60 kursi, class room sebanyak 18 kursi, dan restaurant style sebanyak 18 kursi.
Pakar Room
Pakar Room adalah ruangan yang beralih fungsi. Pada awalnya Pakar Room adalah ruangan Spa, namun sejauh ini tanggapan para pengunjung mengenai spa yang disediakan oleh Marbella Suites Bandung kurang menguntungkan atau kurang komersial untuk pihak hotel sendiri. Oleh karena itu, dialih fungsikan menjadi ruangan Meeting.
Fasilitas Restoran dan Bar
Ren De Vu
Marbella Suites Bandung memiliki sebuah restaurant yang sangat minimalis namun mempunyai sentuhan cantik dengan bentuknya yang unik seperti kapal selam, adalah jenis restoran khas Marbella Suites Bandung yang menyediakan masakan Sunda, Indonesian Food, International Food Seperti European Food dengan pelayanan yang cepat dan mewah serta dengan penyajian yang unik dengan diiringi live music setiap akhir pekan dimana selalu memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap makanan yang ada di restaurant ini. Selain itu bentuk restaurant ini pun sangat menarik dan semi terbuka, sehingga para pengunjung bisa menikmati pemandangan hawa sejuk pengunungan.
Diva Lounge
Diva Lounge merupakan Longue dan Bar yang terdapat di area Lobby Marbella Suites Bandung. Diva Lounge di desain sangat cantik dan elegan tempat ini menyediakan berbagai macam minuman baik tradisional maupun internasional.
Fasilitas Umum & Rekreasi
Lobby
Lobby terletak di lantai dasar Marbella Suites Bandung dan berhadapan langsung dengan Diva Lounge.
Swimming pool
Swimming pool terletak di lantai dasar (Lobby Level) adalah fasilitas yang diperuntukkan untuk tamu hotel yang datang dan menginap di Marbella Suites Bandung dan dibuka untuk tamu dari luar mulai dengan harga Rp.50.000,-
Sahara Terrace
Tempat yang sangat minimalis untuk berkumpul dengan keluarga terdapat di lantai dasar (Lobby level) menghadap ke pool terrace berkapasitas hingga 20 orang.
Room Service
Pelayanan yang prima, Marbella Suites Bandung memberikan pelayanan kamar atau room service hingga 24 jam, melayani tamu di kamar dengan berbagai kebutuhan makanan dan minuman.
Children Play Ground
Terletak didekat swimming pool, tempat ini menyediakan fasilitas permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Fasilitas tersebut disediakan hanya untuk anak-anak yang ingin memanjakan diri dengan wahana permainan ala Marbella Suites Bandung.
Parking Area
Adalah area parkir kendaran bermotor maupun bermobil terletak di area Marbella Suites Bandung, dan bisa menampung hingga 80 kendaraan roda empat.
Fitness & Gym
Terdapat diarea lantai dasar (Grown) dan buka setiap hari 24 jam. Hanya untuk tamu yang datang ke Marbella Suites Bandung dan dapat dinikmati secara gratis.
Whirpool
Whirpool terletak di pool terrace area dan tempat ini sangat besar cocok untuk berkumpul dengan keluarga, dapat menampung hingga 120 orang.
Wi-fi Connection
Jaringan internet bebas dimana-mana dan dapat dinikmati oleh para tamu tanpa batas hingga 24 jam.
Untuk kelancaran operational hotel, terdapat beberapa departemen yang membawahi beberapa bagian yang bertanggung jawab atas bidang tugasnya masing-masing sebagai berikut :
EAM (Executive Assistant Manager)
Bertanggung jawab sepenuhnya pada seluruh kegiatan dan hambatan yang terjadi di Marbella Suites Bandung. Dan memberikan laporan langsung pada GM (General Manager) dan Owner. Mengontrol seluruh kinerja departemen. Mengawasi kenaikan dan penurunan Occupancy setiap harinya.
Sales and Marketing
Bertugas untuk mencari tamu hotel sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan kunjungan dan presentasi, ataupun melalui surat atau brosur dan pertelepone. Langkah kebijaksanaan pemasaran hotel juga ditentukan oleh bagian ini. Berikut beberapa jabatan dan tugas di dalam Sales dan Marketing department:
Director of Sales Marketing
Sales Manager
Meningkatkan dan bertanggung jawab terhadap penjualan semaksimal mungkin untuk mencapai target yang telah ditentukan pada semua aspek baik room maupun food beverage. Wewenang seorang Sales Manager :
Memberikan spesial harga baik kamar maupun paket meeting tertentu sesuai dengan kebijakan perusahaan yang ada.
Merekomendasikan complimentary kamar ataupun souvenir dari hotel.
Entertain klien
Junior Sales Manager
Mencari tamu sesuai yang ditargetkan oleh pihak manajemen hotel. Mengkoordinasi setiap staff sales dan marketing department apabila sales manager tidak ada atau sedang sales call keluar kota.
Sales Executive
Melakukan sales call setiap harinya pada perusahaan-perusahaan baik dalam kota maupun luar Kota Bandung.
Incharge apabila ada grup yang ingin mengadakan kegiatan di Marbella Suites Bandung.
Membuat report sales call setiap bulannya.
Sales Administration / Sales Coordination
Membantu tugas-tugas atasan (Sales Manager, Jr. Sales Manager, dan Sales Executive) dan mendukung Sales team dalam hal administrasi dan penjualan sehingga mempermudah kelancaran operasional baik antar departemen ataupun untuk kepuasan tamu. Wewenang Sales Administration / Sales Coordination, antara lain:
Memberi harga khusus yang sudah ditentukan oleh Asst DOS.
Membuat contract rate pada Perusahaan-perusahaan dan Travel Agent.
Membuat (BEO) Banquet Event Order dan mendistribusikannya kepada seluruh department.
Driver
Mengantar karyawan khususnya sales dan marketing dalam melaksanakan tugas Sales Call di dalam kota setiap harinya. Merawat dan memelihara kendaraan operasional. Wewenang driver, diantaranya adalah :
Melaporkan kondisi kendaraan pada atasan, mencari jalan, menjaga keselamatan penumpang, melarang merokok dalam kendaraan, menjaga kebersihan kendaraan.
Room Division Departement
Departemen ini membawahi Front Office, Housekeeping, Laundry dan transportation termasuk supir.
Front Office
Bertugas menerima pemesanan kamar untuk tamu serta menerima tamu dan segala administrasi tentang tamu termasuk informasi yang diperlukan tamu, pesan serta mengurus barang-barang tamu saat datang dan pulang.
Housekeeping
Bertugas mengurus kebersihan kamar serta area hotel keseluruhan termasuk mengurus persediaan dan pembagian pakaian seragam karyawan serta kebutuhan tamu di kamar seperti handuk, sprei, selimut, dan lain-lain.
Laundry
Pakaian tamu, sprei dan handuk yang dipakai di kamar dibersihkan di laundry termasuk pula didalamnya pakaian seragam karyawan.
Food and Beverage
Bertugas menyediakan keperluan makanan dan minuman tamu, dengan cara makanan dipersiapkan di dapur (kitchen) sedangkan pelayanan makanan dan minuman di sediakan di Restaurant dan Bar. Termasuk di bagian Food and Beverage ini yaitu bagian steward yang bertugas membersihkan alat dapur, piring, gelas, sendok, garpu serta peralatan makanan dan minuman lainnya, dan bagian Catering & Convention yang melayani dan menyajikan katering dan balai konfrensi (pertemuan, rapat, perkawinan dan seminar)
Accounting
Bertugas mengatur, mengawasi dan membukukan keluar masuknya uang, barang, dan segala kekayaan milik hotel, termasuk pengelolaan data dan laporan yang ditangani oleh sub bagian yang disebut EDP (Electronic Data Processing). Accounting departement membawahi departemen purchasing (bagian pembelian dan pengadaan barang) dan Credit (bagian penagihan).
Purchasing
Segala barang keperluan hotel dari yang paling kecil sampai yang paling besar adalah menjadi tanggung jawab bagian purchasing untuk pengadaannya.
Human Resources Departement
Mengurus segala hal yang menyangkut ketenagakerjaan seperti penerimaan karyawan dan administrasi.
Engineering
Bertugas memelihara dan menjaga agar air, listrik, telepon, TV, Lift, AC termasuk peralatan hotel agar tetap berfungsi dengan baik dan lancar.
Security
Bertugas menjaga dan memelihara keamanan di area hotel baik yang menyangkut barang maupun orang, baik itu tamu hotel dan karyawan hotel, juga menjaga keamanan transportrasi di hotel.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dari uraian yang telah penulis lakukan pada bagian sebelumnya, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
Marbella Suites Bandung merupakan hotel bintang 4 yang berlokasi di Jalan Sentra Dago Pakar Raya Bandung Utara.
Dari segi menu cukup bervariasi mulai dari Asian food, Indonesian food, dan Europa food.
Pengadaan persediaan bahan makanan di Marbella Suites Bandung sudah mempunyai supplier yang sudah terpercaya dengan kualitas yang cukup baik.
Pengolahan makanan di Marbella Suites Bandung dilakukan dengan sangat baik dengan mengutamakan kepuasaan pelanggan.
Sistem pemesanan di Marbella Suites Bandung bisa langsung melalui waiter ataupun waiteress atau ke bagian kasir yang nantinya akan mengkoordinasikan ke bagian kitchen untuk diproses hingga makanan tersebut dapat dihidangkan kepada tamu.
Sanitasi dan hygiene sudah diterapkan cukup baik, mulai dari personal hygiene sampai kebersihan lingkungan.
Fasilitas fisik dan peralatan di Marbella Suites Bandung masih terdapat kekurangan terutama pada peralatan kitchen utensil.
Organisasi dan management di Marbella Suites Bandung sudah cukup baik dengan memperhatikan hubungan kerjasama antara karyawan tetap dengan training dalam menyelesaikan semua pekerjaan.
Saran
Di dapur pastry dan bakery Marbella Suites Bandung sering kekurangan peralatan terutama pada saat event besar. Sebaiknya ada penambahan peralatan seperti hand mixer, scale, cooling wire, wire sieve, water jug sehingga akan mempercepat dalam proses pekerjaan.
Penataan ruang di area dapur Marbella Suites Bandung kurang rapih sehingga menyulitkan gerak karyawan dalam bekerja. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi penataan ruangnya di setiap section hot kitchen, cold kitchen, pastry dan bakery dan ruang steward agar terlihat lebih rapih dan nyaman.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar